01.00

WIB
HARI BESAR NASIONAL : EPS.10 HARI LAHIR PANCASILA

01.30

WIB
FUN WITH MATH SMK: ASURANSI

02.00

WIB
MENGGAPAI CAKRAWALA: AERODINAMIKA

02.30

WIB
BIO AGRO: BUDI DAYA LELE DUMBO

03.00

WIB
GALI : BERTANAM TERONG

Download jadwal siaran disini

Info Pendidikan


Pelatihan Instruktur Nasional Kepala Sekolah dan Guru SD di NTB Masuk Gelombang Ke Dua

Tue, 22 April 2014

Mataram, Kemdikbud ---  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan seleksi calon instruktur nasional Kurikulum 2013 bagi kepala sekolah dan guru sekolah dasar (SD). Seleksi yang diselenggaran di sejak 1 April 2014 lalu ini, hingga Minggu, (13/04/2014) telah memasuki gelombang ke dua.

“Untuk pelatihan calon instruktur nasional gelombang ke dua, kepala sekolah mulai tanggal 11-16 selengkapnya...

Ingin Hasil Seleksi Maksimal, LPMP NTB Tambah Kuota Calon IN

Tue, 22 April 2014

Mataram, Kemdikbud --- Kurikulum 2013 akan diterapkan secara bertahap tak terbatas di Tahun Pelajaran 2014/2015. Hingga bulan ke-empat di tahun 2014 ini, proses persiapan implementasi Kurikulum 2013 telah memasuki tahap seleksi calon Instruktur Nasional (IN). Di Provinsi Nusa Tenggara Barat, seleksi calon IN untuk jenjang SD telah memasuki gelombang ke dua.
 
Disampaikan oleh Kepala Seksi Pemetaan Mutu Sekolah dan selengkapnya...

UN Hari Terakhir, Wamendik Sidak Tiga Sekolah di Sulawesi Utara

Tue, 22 April 2014

Tomohon, Kemdikbud --- Hari terakhir pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun 2014, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan (Wamendik), Musliar Kasim, kunjungi tiga sekolah di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Kunjungan pertama ke SMA Lokon ST. Nikolaus. Dalam kunjungan pertama, Wamendik bersama Wakil Gubernur, Djouhari Kansil, pada jam pertama berkesempatan membuka naskah ujian dan menyerahkan naskah tersebut kepada pengawas ujian.selengkapnya...

Kualitas Lembar Jawaban UN Tahun Ini Jauh Lebih Baik

Tue, 22 April 2014

Medan, Kemdikbud – Kualitas lembar jawaban ujian nasional (LJUN) tahun ini diakui jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu. Bahkan secara kasat mata dapat terlihat bahwa kertas LJUN tahun ini lebih tebal daripada kertas LJUN tahun 2013 lalu. Dengan kualitas kertas yang lebih baik ini, diharapkan proses pemindaian dapat berlangsung dengan cepat dan tanpa kendala berarti.

Anggota tim pemindaian Universitas selengkapnya...

Dini Nurlelasari, Mahasiswa Bidikmisi yang Lulus Kuliah Kurang dari Tiga Tahun

Fri, 28 February 2014

Jakarta, Kemdikbud --- Setelah menempuh studi selama 2 tahun 11 bulan, Dini Nurlelasari akhirnya berhasil meraih gelar sarjana dan diwisuda pada Agustus 2013 lalu. Lulusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad ini merupakan penerima Bidikmisi pertama yang lulus dari Universitas Padjadjaran (Unpad).

“Saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya karena telah memberikan saya kesempatan untuk mendapatkan Bidikmisi. Namun tidak berhenti sampai selengkapnya...

Presiden Instruksikan Perluas Jangkauan Bidikmisi

Fri, 28 February 2014

Jakarta, Kemdikbud --- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri Silaturahim Nasional Bidikmisi yang dihadiri sekitar 1.000 mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi. Dalam sambutannya, Presiden SBY memberikan instruksi untuk terus meningkatkan dan memperluas jangkauan Bidikmisi.

"Saya instruksikan, sejalan dengan peningkatan anggaran pendidikan, tolong jangkauannya diperluas untuk program Bidikmisi ini," ujar presiden di hadapan Mendikbud Mohammad Nuh dan para mahasiswa Bidikmisi selengkapnya...

Testimoni Mahasiswa Bidikmisi Birul Qodriyah Membuat Presiden SBY Terharu

Fri, 28 February 2014

Jakarta, Kemdikbud --- Memiliki cita-cita untuk meneruskan pendidikan hingga bangku kuliah, Birul Qodriyah sadar kalau cita-citanya itu akan sulit ia capai. Dengan orangtua yang bekerja sebagai buruh tani dengan upah sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000 per hari, sangat sulit baginya untuk menyandang status mahasiswa.

Namun Tuhan mendengar doanya. Melalui beasiswa Bidikmisi, Birul berhasil meneruskan pendidikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada selengkapnya...

Soal Prediktif dan Evaluatif Untuk UN 2014

Mon, 06 January 2014

Jakarta -- Integrasi penggunaan Ujian Nasional (UN) sebagai syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN), melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan secara maksimal diberlakukan di 2014. Untuk itu, kualitas soal UN akan ditingkatkan menjadi bersifat evaluatif, dan prediktif.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan, untuk tidak perlu adanya perdebatan antara soal prediktif, selengkapnya...

Tiga Manfaat Pendidikan Menengah Universal

Mon, 06 January 2014

Jakarta -- Pendidikan Menengah Universal (PMU) dicanangkan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh warga negara usia 16-18 tahun dapat mengenyam pendidikan menengah yang bermutu mencakup SMA, MA, dan SMK. Sedikitnya ada tiga manfaat yang didapatkan dari program ini.
 
Pertama adalah dengan minimal lulusan SMA sederajat maka kualitas demokrasi masyarakat Indonesia menjadi selengkapnya...

Kuliah dengan Rp 0? Bisa!

Mon, 06 January 2014

Jakarta, Dikti - Kemdikbud menjamin penyediaan dan peningkatan daya tampung perguruan tinggi secara merata di Indonesia. 0,8% mahasiswa Indonesia kuliah dengan Rp 0 yang pembiayaannya ditanggung pemerintah melalui program bidikmisi. Selain itu, 17% mahasiswa Indonesia kuliah dengan biaya kurang dari Rp 1 juta.

“Ke depan banyak sekali doktor-doktor dari keluarga miskin,” ungkap Menteri Pendidikan selengkapnya...